Kamis, 17 Februari 2011

Bebaskan Otak Kita dari Penjara


A. Penjara Pikiran
Penjara pikiran ada disekitar kita. Penjara pikiran berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, tempat kerja, dan dari masyarakat umum. Semua membelenggu pikiran kita sehingga kita tidak bisa tumbuh secara bebas. Lingkungan yang dapat mempenjarakan pikiran :
1. Disekolah
Ketika kita dapat menjawab pertanyaan dengan benar, kita akan dihukum, ketika berbeda sedikit pendapat dengan guru, kita juga tidak akan mendapat apresiasi. Jawaban benar seolah-olah milik guru, padahal benar atau salah dalam dunia kreeativitas nilainya sama.
2. Di tempat kerja
Pikiran kita mendapat perlakuan yang sama dengan diekolah yaitu "HUKUMAN" apabila kita melakukan kesalahan pada saat bekerja. begitu kita masuk kerja sudah ada program konduksi. Pikiran kita harus berhadapan dengan budaya organisasi, aturan senioritas, dan lainnya sehingga kita tidak dapat tempat untuk berkreasi sebebas mungkin.

B. Penjara Mental
Penjara mental adalah keyakinan yang salah, dan memaksa diri kita untuk melakukan sesuatu sesuai dengan normanya. Contohnya pada saat di sekolah, kita selalu takut akan kata "GAGAL" sehingga kita tidak berani mencoba hal-hal baru.
Penjara mental kurang lebih sama dengan "Hantu Pikiran". Begitu kita mengingatnya, pikiran merasa takut terlebih dahulu sebelum mencoba. Takut bayangan terlebih dahulu, kalah sebelum bertanding, cermin mental tempe (mudah menyerah). Sistem seperti ini bisa mengalahkan pikiran sadar kita.
Kalau demikian, kapan anda bisa berubah ? Sepanjang tidak ada kesadaran dan keberanian untuk bertindak semua hambatan (keyakinan yang salah) jangan berharap ada perubahan dalam diri anda. Perubahan hanya bisa terjadi kalau ada tindakan. Ingat ! ! ! "Action Is Power".


0 komentar:

Posting Komentar