Selasa, 22 Februari 2011

Dampak Penting Reklamasi Pantai

1.    Apa keuntungan dan kerugiannya?
Cara reklamasi memberikan keuntungan dan dapat membantu negara/kota dalam rangka penyediaan lahan untuk berbagai keperluan (pemekaran kota), penataan daerah pantai, pengembangan wisata bahari, dll.
Perlu diingat bahwa bagaimanapun juga reklamasi merupakan bentuk campur tangan (intervensi) manusia terhadap keseimbangan lingkungan alamiah yang selalu dalam keadaan seimbang dinamis. Perubahan ini akan melahirkan perubahan ekosistem seperti perubahan pola arus, erosi dan sedimentasi pantai, berpotensi meningkatkan bahaya banjir, dan berpotensi gangguan lingkungan di daerah lain (seperti pengeprasan bukit atau pengeprasan pulau untuk material timbunan).


2.    Dampak penting yang mungkin terjadi.
    Dampak penting yang mungkin bisa terjadi yaitu :
A.    Jumlah manusia yang terkena dampak
•    Dalam hal ini memungkinkan sebagian besar akan berdampak pada warga yang menggantungkan hidup pada laut seperti nelayan, dan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai bisa saja kehilangan tempat tinggal.
•    Selain itu untuk nelayan sendiri akan mengalami kesulitan mendapatkan hasil laut yang habitatnya tinggal di pesisir pantai.
B.    Luas wilayah persebaran dampak
•    Dampak positifnya Abrasi pantai tidak cepat terjadi
•    Memperluas daerah pemukiman warga yang tinggal di pesisir pantai
•    Dampak negatifnya merusak habitat ekosistem daerah pesisir pantai
C.    Lamanya dampak berlangsung
•    Tergantung lamanya proses reklamasi pantai. Dampak suatu reklamasi yang berlangsung relatif singkat,yakni pada salah satu proses reklamasi saja(perencanaan dan operasional) namun ada juga yang berlangsung lama, yaitu sejak tahap perencanaan hingga kegiatan dan/ atau usaha selesai.
D.    Intensitas dampak
•    merugikan masyarakat yang berada disekitar pesisir pantai dan merusak habitat yang hidup di daerah pesisir pantai,seperti terumbu karang,

3.    Bagaimana cara mengurangi dampak buruknya?
Untuk mereduksi dampak semacam itu, diperlukan kajian mendalam terhadap proyek reklamasi dengan melibatkan banyak pihak dan interdisiplin ilmu serta didukung dengan upaya teknologi. Kajian cermat dan komprehensif tentu bisa menghasilkan area reklamasi yang aman terhadap lingkungan di sekitarnya.
Sementara itu karena lahan reklamasi berada di daerah perairan, maka prediksi dan simulasi perubahan hidrodinamika saat pra, dalam masa pelaksanaan proyek dan pasca reklamasi serta sistem drainasenya juga harus diperhitungkan. Karena perubahan hidrodinamika dan buruknya sistem drainase ini yang biasanya berdampak negatif langsung terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.
Yang perlu dipikirkan lagi adalah sumber material urugan. Material urugan biasanya dipilih yang bergradasi baik, artinya secara teknis mampu mendukung beban bangunan di atasnya. Karena itulah, biasanya dipilih sumber material yang sesuai dan ini akan berhubungan dengan tempat galian (quarry). Cara lain yang relatif lebih aman dapat dilakukan dengan cara mengambil material dengan melakukan pengerukan (dredging) dasar laut di tengah laut dalam.
4.    Kesimpulan
jadi, reklamasi pantai bisa sangat bermanfaat jika dikelola dan dianalis dampaknya dengan baik. Dengan memikirkan dampak positif dan negativenya serta mempertimbangkan semua aspek terutama sisi negative dari pembangunan yang akan dilakukan.


0 komentar:

Posting Komentar